Menginstall Driver LAN Card Compaq CQ40-506TU pada Debian Lenny

5 09 2009

crystal-deb-logo

Ini memang bertolak belakang dengan posting saya terdahulu, yang menyatakan saya telah “menceraikan” Debian sebagai distro pilihan untuk desktop linux saya dan beralih ke Ubuntu. Namun kenyataannya saat ini saya memilih menginstall Debian Lenny pada laptop Compaq Presario CQ40-506 TU yang menjadi laptop operasional baru dalam tugas di ICT Center Pacitan. Debian di laptop ini masih bersanding dengan Window$ XP SP2 mengingat masih banyak pekerjaan yang secara primer saya kerjakan di Window$. Itu pun setelah melalui beberapa langkah yang tidak lazim karena Presario CQ40 dan seri-seri sejenis dinyatakan oleh produsennya sebagai “tidak didesain untuk window$ XP” alias Vi$ta only.

Singkatnya, setelah Window$ berhasil terinstall dengan baik, saya langsung menyandingkan Debian Lenny pada salah satu partisi, salah satunya karena pertimbangan “tertantang mencoba”, dan faktor lain adalah karena kapasitas HDD CQ40-506 TU yang lega, yaitu Fujitsu MJA2320B SATA-II 320 GB. Debian Lenny saya install menggunakan mode Graphical expert install karena kebutuhan untuk mempartisi secara manual dan faktor kecocokan dengan LILO dibanding GRUB, soalnya di LILO bisa naruh splash screen favorit saya yang gambar cangkir kopi 🙂

splash screen LILO, coffee.bmp

splash screen LILO, coffee.bmp

Setelah terinstall dengan baik dan bisa login menggunakan account biasa (saya menggunakan Gnome Desktop Environment), yang saya temukan ternyata cukup mengecewakan karena sound tidak bisa berbunyi, resolusi tidak bisa optimal karena graphics card tidak terdeteksi dengan sempurna (entah hanya karena saya tidak tahu caranya), dan yang terparah: meski eth0 terdeteksi (sebagai Realtek r8169) serta kabel koneksi jaringan telah tersambung, koneksi jaringan tidak bisa dilakukan.

Nah, iseng-iseng saya cari di website Realtek melalui OS Window$ XP dan mendapatkan file r8101-1.013.00.tar.bz2 yang lalu saya kopi ke flashdisk dan dikopikan langsung ke /usr/src. Sebelumnya, di Window$ sempat saya buka filenya dan ada README di dalamnya, yang sangat membantu saya untuk menginstall driver ini.

Jika kita sudah mendapatkan file tersebut, maka langkah awal yang perlu dilakukan adalah menginstall package yang diperlukan agar proses berikutnya bisa dilakukan, dengan cara login ke terminal (command line), lalu login sebagai root dengan $su – maka kita akan diminta memasukkan password root. Setelah muncul tanda prompt # maka tandanya kita sudah mendapatkan akses terminal sebagai root. Berikutnya,  sebelumnya kita perlu menjalankan :

uname -r

yang akan mengoutputkan versi kernel yang kita gunakan, misal 2.6.26-1-686 lalu lanjutkan dengan :

apt-get install build-essential linux-headers-2.6.26-1-686

dengan 2.6.26-1-686 pada perintah tersebut harus kita sesuaikan mengikuti output dari uname -r. Agar proses menginstalasi driver baru dapat berjalan lancar, sebelumnya kita harus menghilangkan built-in driver r8169 terlebih dahulu dengan diawali pengecekan terinstall atau tidaknya driver tersebut :

lsmod | grep r8169

jika ada output dari command tersebut, maka kita perlu membuangnya terlebih dahulu dengan :

rmmod r8169

Langkah selanjutnya, kita menuju ke directory tempat r8101-1.013.00.tar.bz2
kita simpan ( /usr/src/ ) :

cd /usr/src

Mekarkan/bongkar file tersebut :

tar xvjf r8101-1.013.00.tar.bz2

masuk ke directory hasil memekarkan :

cd r8101-1.013.00

Install driver dengan perintah berikut secara berurutan satu per satu :

make clean modules
make install
depmod -a
modprobe r8101

Jika perintah modprobe tidak mengoutputkan “not found” maka hampir bisa dipastikan semuanya berjalan dengan lancar. Pastikan lagi dengan :

lsmod | grep r8101
ifconfig -a

Hingga di sini, network interface card atau LAN Card sudah bisa kita konfigurasi sebagaimana biasa, baik via GUI maupun command line. Namun ada saran agar Linux tidak lagi salah mendeteksi NIC sebagai r8169 saat booting, tambahkan baris berikut pada file /etc/modprobe.d/blacklist-network (jika file ini tidak ada maka buatlah) :

blacklist r8169

terakhir, update initial ramdisk dengan mengetikkan :

update-initramfs -u

Selamat mencoba dan jangan sungkan untuk mengkritisi jika ada yang masih kurang pas.

Update Sep 5, 2009 19:56

Agar manfaat yang bisa didapat dari artikel ini bertambah, sekalian saya posting cara yang akhirnya berhasil saya gunakan untuk mengaktifkan sound pada CQ40-506TU di Debian Lenny (dan sepertinya juga bisa diterapkan pada distro lainnya) :

Pertama buka text editor yang disukai, misal nano untuk mengedit file /etc/modprobe.d/alsa-base lalu tambahkan setelah baris terakhir kode berikut :

options snd-hda-intel model=laptop enable_msi=1

Simpan file, kemudian reboot dan tes kembali dengan memutar file mp3 atau yang lainnya.

Iklan

Aksi

Information

9 responses

5 09 2009
heru

knapa kalo install xp soundnya tidak terdeteksi berikan solusinya dong..

5 09 2009
heru

tolong cariin driver laptopq dong please…

5 09 2009
gurumutant

Mas heru, laptopnya model apa ? Kalau sama-sama Compaq Presario CQ40-506TU, saya di windows xp menginstallnya menggunakan artikel di sini : http://andy-compuhouse.blogspot.com/2008/11/installing-xp-audio-driver-for-compaq.html dan kebetulan cocok. Jika sound card pada Presario CQ40 tidak terdeteksi, itu karena MS UAA Bus Driver belum terinstall terlebih dahulu. Selamat mencoba.

7 09 2009
Agus Suhanto

tulisan yang bagus, sebelum kasih komentar yg lainnya, saya perkenalkan dulu neeeh, saya Agus Suhanto

20 10 2009
Hyorinmaru

Mmm…
Nice post Bro.. B-)
Btw, bertahan mpe kapan neh artikel? Jangan2 ni artikel untuk setahun, baru ada lagi taon depan.. 😆

21 11 2009
rizkyfine

itu semua berlaku untuk laptop seri CQ-40 ya pak??

sangat bermanfaat . . . ^_^

4 11 2010
rian

pakk laptop saya COMPAQ CQ40-506 TU,,,
saya menginstall ubuntu teruss warless nya tidakk terdeksi,,,
jadi bagaimana agarr warless nya terdektsi di ubuntu pak…??

19 06 2011
anton waldana

ha ha ha…… piye bar soko mega anggrek.. intuk sandal pirang pasang den mas hendrick ngabeni sulton paciton……

12 08 2011
gurumutant

@anton hartono sukorambi:
Hahaha.. entuk sepasang wae wis cukup, lagian mung tak enggo ning mburi omah nyirami tanduran, tomat lan sawi. Sampeyan nggowo sekarung ta ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: