TreeSize Free, software yang sangat berguna

16 05 2008

TreesizeFreeScreenshotSaat ini, saya sedang mempersiapkan instalasi ulang laptop karena sudah banyak system file yang rusak. Namun sebelum “prosesi” tersebut dijalankan, ada beberapa hal yang perlu saya lakukan dulu, yaitu menggeser partisi agar lebih sesuai dengan kebutuhan pasca install ulang nanti. Maklum, perkuliahan di CC semester ini adalah Database Administration, jadi harus ada Oracle 10g terinstall di sini. Masalahnya, menggeser partisi yang sudah hampir penuh bukanlah pekerjaan semudah membalik telapak tangan. Mesti dicari dulu mana yang sudah “obsolete” dan perlu dihapus, mana yang folder dan file yang terduplikasi (hehe.. ini kebiasaan buruk saya.).

Namun tentu saja pendeteksian faktor pemenuh harddisk (hmm.. kalimat yang aneh..) akan sulit kalau kita tidak punya “sesuatu” untuk secara langsung melihat rekap penggunaan space harddisk per folder, dan per folder di bawahnya. Intinya, kita perlu cara untuk mengetahui letak sebenarnya dari folder yang memenuhi harddisk, secara cepat dan akurat. Mungkin Anda pernah terpikir untuk mengklik kanan per folder, mengklik properties, lalu melihat penggunaannya, lalu mencatatnya. Atau menggunakan tooltips yang muncul saat mouse diarahkan ke suatu folder, namun cara inipun punya keterbatasan dan masih kurang praktis.

Nah, untungnya sejak sekitar dua tahun lalu, saya mengenal aplikasi kecil yang sangat bermanfaat, yang menjadi judul artikel ini: TreeSize Free. Aplikasi ini dikembangkan oleh JAM Software, yang juga membuat versi non-free dari aplikasi ini, TreeSize Professional. Aplikasi ini (baik Free maupun Pro) jika diinstall akan menambahkan Shell Extension ke Windows Explorer, yang secara praktis jika kita klik akan memberikan laporan rekap penggunaan spasi harddisk per folder, dan jika perlu bisa kita telusuri hingga folder-folder di bawahnya. Contoh tampilannya ada di gambar berikut :

TreesizeFreeScreenshot

Nah, jika Anda belum pernah mencoba, dan ingin segera mencobanya, silakan download saja di link berikut :

http://www.jam-software.com/freeware/index.shtml

Tombol “Installer” adalah untuk mendownload versi installer yang akan mengintegrasikan shell extension, sedangkan “Download .EXE” akan memberi versi portable-nya, yang bisa Anda bawa ke mana-mana di flashdisk, agar selalu tersedia saat dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

Updated May, 27th 2008 11:04 pm :
Sori kelupaan. Berhubung artikel ini sangat berbau Window$, kayaknya Pak Fath ga bakal sudi melirik apalagi mengomentari. Jadi saya tambahkan tentang aplikasi serupa TreeSize Free yang ada di console Linux, yang bahkan siap pakai tanpa install apa-apa. Aplikasinya bernama du. Du ? Ya, du. Jangan dilihat dari namanya ya, karena aplikasi ini juga praktis dan handal. Menurut O’Reilly Net, du memiliki “tupoksi” sbb:

Print disk usage (as the number of 1 KB blocks used by each named directory and its subdirectories; default is the current directory).

Nah, daripada banyak cing-cong, saya kasih tahu perintah yang sering saya gunakan secara lengkap untuk men-du :

du -shc *

Penjelasan parameternya :

-s : summarize, menampilkan hanya grand total dari tiap directory pada path ybs.
-h : human-readable, menampilkan ukuran data dalam satuan yang “manusiawi”
-c : di samping menampilkan summary tiap folder directory, juga menampilkan grand total dari current dir.
Tentang *-nya ? Artinya apa ? Entah, pokoknya itu wildcard agar memproses semua filetype.

Perintah lain yang tupoksinya sejenis adalah df. Coba saja ketikkan df, nah, ntar kelihatan semua partisi ama statistiknya.

end of update.

Iklan

Aksi

Information

7 responses

18 05 2008
jokohb

Jika suatu saat nanti berniat instalasi ulang… (hanya mengingatkan) mungkin sebaiknya setelah lengkap n finish, tuh drive C bisa dibuat Imagenya… 🙂

28 05 2008
hyorinmaru

Linux-e ndi? 🙄

10 06 2008
sahman

Salam kenal, saya dari Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah, terima kasih, info yang bagus, saya download TreeSize Free. Baru melek TI Maz…… he he he

7 10 2008
akhyari

wah…saya nungguin juga nih. lama gak posting ya?
Btw, rupiah kita emang lagi rentan banget….gak tau kenapa nih, pasar uang jadi panik. heran aku.
Mau posting juga malah takut backfired 😦
Brovo, bro

20 01 2009
paydjo.Net

pake total commander tinggal pencet spasi kalo gag salah ingat 😀

12 02 2009
yuliatie

thanks 4 info,,y p’:-)

14 05 2009
Setelah (hampir) setahun berlalu « Blog of A Mutant Teacher

[…] (hampir) setahun berlalu 14 05 2009 Tinggal 2 hari lagi, posting terakhir di blog ini akan berusia setahun tepat. Saat ini saya sedang dalam posisi “nanggung”, karena baru […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: